Belanjaan Anda

Your cart is currently empty.

Return to shop

Pap Smear

Apa Itu Pap Smear?
Pap Smear adalah prosedur pengambilan dan pemeriksaan sampel dari leher Rahim, untuk memeriksa seseorang memiliki kelainan yang dapat mengarah kepada kanker serviks atau tidak.

Kapan dilakukan Pap Smear?
Pemeriksaan Pap Smear sebaiknya dilakukan setiap 2 tahun, sejak usia 21 tahun. Setelah usia 30 tahun, tes ini dapat dilakukan setiap 3 tahun sekali. Pemeriksaan Pap Smear dianjurkan bagi wanita usia subur yang sudah menikah atau aktif secara seksual. Wanita usia subur yaitu dalam rentang usia 20 – 45 tahun.

Persiapan Pap Smear
Sebelum menjalani pemeriksaan Pap smear, disarankan agar kita tidak berhubungan seksual ataupun mencuci vagina dengan pembersih vagina setidaknya 2 – 3 hari agar hasil pemeriksaan dapat lebih akurat. Pemeriksaan ini juga dianjurkan saat kita tidak dalam fase menstruasi.

Proses Pap Smear
Selama proses Pap Smear, dokter akan meminta kita untuk berbaring di meja periksa dengan posisi kedua kaki dilebarkan sambil menekuk lutut, dan menempatkannya pada tempat penopang kaki. Kemudian, dokter akan memasukkan spekulum (alat yang menyerupai cocor bebek) untuk membuka vagina, kemudian menorehkan sikat halus atau kapas ke leher Rahim untuk mengumpulkan sampel sel.

Sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium dan diperiksa menggunakan mikroskop.

Sakit enggak sih Pap Smear?
Pap smear sebenarnya tidak menyakitkan sama sekali, namun mungkin kita akan merasa tidak nyaman, terutama saat dokter memasukkan spekulum ke dalam vagina untuk mengambil sampel sel.

Untuk Harga sekali pemeriksaan Pap Smear itu sangat beragam dan berkisar IDR 150.000 – 400.000

#BeralihKeGCUP