Belanjaan Anda

Your cart is currently empty.

Return to shop

Our Amazing Vagina!

Our Vagina!

Membahas organ kewanitaan atau juga biasa disebut Vagina memang masih terasa tabu dilakukan, akibatnya tidak banyak perempuan yang memahami bagian intim dari tubuh mereka sendiri.

Padahal, ada banyak hal yang mungkin mereka belum ketahui mengenai organ tubuh yang satu ini

Apa saja sih, 5 fakta mengenai Vagina yang perlu kamu ketahui?

 

It’s not a Vagina, it’s a vulva!
Masih banyak yang mengira kalua seluruh bagian dari organ genital wanita disebut vagina. Padahal, bagian tersebut dinamakan vulva, yaitu bagian genital yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Vulva sendiri mempunyai beberapa bagian, yaitu mons pubis (punuk kemaluan), labia majora (bibir luar), labia minora(bibir dalam), klitoris, bukan eksternal dari uretra dan hymen atau selaput dara yang menutupi vagina itu sendiri.

Ketika seseorang sedang menstruasi, darah mereka akan keluar melalui lubang vagina. Bedakan saat kamu membuang air kecil ya, untuk pembuangan tersebut akan dilakukan melalui lubang kencing yang berada di dekat lubang vagina.

 

Vaginamu mampu membersihkan dirinya sendiri!
Kalau selama ini kamu takut organ intim kamu tidak bersih dan harus selalu kamu bersihkan dengan sabun kewanitaan ataupun sabun antiseptic lainnya, kamu salah banget!

Vagina merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri melalui pembuangan alami, seperti saat kamu membuang air kecil, dan juga oleh cairan yang dihasilkan oleh vagina itu sendiri.

Malahan, pemakaian sabun kewanitaan, antiseptic, maupun sabun yang mengandung parfum pada daerah kewanitaan akan merusak pH dari vagina kamu.

Membersihkan area kewanitaan kamu menggunakan air bersih saja sudah cukup, kok.

Makananmu berpengaruh, loh!

Lalu, apakah jika tidak dibersihkan vagina kita akan berbau tidak sedap? Tenang, itu semua tergantung pada makanan yang kamu konsumsi.

Dikutip dari Broadly, menurut Dr. Maria Mender Soares, seorang dokter ahli diet, bau tersebut berasal dari berkumpulnya bakteri-bakteri spesifik di daerah kewanitaan.

Dia juga menambahkan bahwa bakteri tersebut dapat berbeda-beda jumlahnya tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi seseorang. Maka dari itu, vagina setiap masing-masing orang pasti mempunyai bau yang berbeda-beda.

Namun, jika menurut kamu bau tersebut sudah tidak wajar dan mengganggu, alangkah lebih baik jika kamu memeriksa hal tersebut ke dokter spesialis, karena kemungkinan kamu terkena infeksi di daerah tersebut.

Elastis, Fantastis

Dua otot dinding vagina jika dalam kondisi normal memang berdekatan, sehingga akan terlihat sangat rapat dan mustahil untuk memasukkan sesuatu ke dalamnya.

Padahal, sebenarnya dinding ini sangatlah elastis. Ketika seorang wanita sedang melahirkan, jaringan tisu atau serviks yang terhubung pada uterus akan melebar hingga 10 sentimeter, tergantung dari berat bayi dan tinggi bayi.

Bukan hanya saat melahirkan, namun juga saat berhubungan intim dan kegiatan lainnya karena seperti yang dikatakan oleh Dr Mary Jane Minkin, seorang professor klinis khusus ginekologi, vagina merupakan organ tubuh yang dapat berekspansi sesuai dengan kebutuhan aktivitas seseorang.

Vagina Bukan mesin penghisap

Walaupun kemungkinan sebuah benda tersangkut di dalam vagina masih bisa terjadi, namun vagina tidak bisa “menghisap” dan membawa benda tersebut masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan serviks yang berada di ujung vagina memiliki lubang yang sangat kecil, hanya darah dan sperma saja yang dapat melewati lubang ini.

Nah, setelah kamu mengetahui fakta-fakta tersebut, inilah saatnya kamu menjaga tubuhmu agar selalu sehat.

Salah satu caranya adalah dengan beralih ke GCup!

Selain bebas dari bahan kimia berbahaya dan ramah lingkungan, kamu juga akan merasa lebih nyaman karena pemakaian GCup yang benar akan membuat kamu seperti tidak memakai apa-apa. Jangan lupa, hal tersebut akan lebih mudah jika kamu memahami organ kewanitaanmu lebih baik lagi!