Belanjaan Anda

Your cart is currently empty.

Return to shop

Cara Pakai GCUP

STEP BY STEP
CARA PEMAKAIAN GCUP

Hampir 100 orang setiap harinya bertanya ke tim GCUP, “Bagaimana sih cara pakai GCUP?”. It may be tricky at first try – Tapi kamu enggak perlu takut Karena sebenarnya enggak susah kok!

Berikut adalah 5 Langkah Memakai GCUP

Mensterilkan GCUP

Setiap pemakaian pertama GCUP setiap masa menstruasi, sterilkan GCUP dengan merebus di air mendidih 3-5 menit.

Lipat dan Pasang GCUP

Ada beberapa cara untuk melipat GCUP, yang paling populer adalah C-Fold dan Punch Down Fold, Ketika GCUP sudah berada di dalam vagina, pastikan GCUP terbuka dengan sempurna

Pastikan GCUP Terpasang dengan Sempurna

Sentuh dan rasakan pangkaldari GCUP yang sudah terpasang – Jika sudah sempurna, akan terasa bentuk bulat atau lonjong.

Kalau kamu merasa belum sempurna terpasangnya, putar dengan lembut pangkal GCUP (bukan tangkai yang panjang) untuk membuka dengan sempurna.

Melepaskan GCUP

Tarik tangkai secara perlahan sambil menekan otot abdominal (mengejan/ngeden) untuk mendorong GCUP ke bawah sampai kamu bisa memegang pangkal GCUP.  

Pencet dengan lembut pangkal GCUP untuk melepaskan proses vakum pada GCUP, lalu tarik hingga keluar. Jangan melepaskan GCUP dengan menarik Tangkai GCUP, karena akan terasa ngilu dan tidak nyaman

Kosongkan dan Pakai lagi GCUP

Mungkin butuh 1-2 kali cycle menstruasi untuk akhirnya bisa nyaman menggunakan GCUP. Coba beberapa metode lain untuk melipat GCUP dan memasukannya – Tidak perlu takut, pada akhirnya kamu akan mahir kok!

Selanjutnya, kami akan menjelaskan setiap step-step di atas secara lebih detail. Kami juga sudah menyediakan video lengkap dan detail How to Use GCUP. Let’s go!

Video Cara Pakai

Lihat Video cara penggunaan GCup

STEP 1

MENSTERILKAN GCUP

Sebelum kamu menggunakan GCUP pertama kali setiap bulannya, kamu perlu untuk mensterilisasi dengan merebus di air mendidih selama 3-5 menit.

Perlu diperhatikan jangan sampai GCUP menyentuh permukaan dari panci. Kamu bisa menggunakan saringan agar GCUP tidak langsung panci.

Setelah selesai direbus, lap GCUP hingga kering. Setelah itu GCUP langsung digunakan.

 

STEP 2

CARA MEMAKAI GCUP

CUCI/  Selalu pastikan mencuci tangan kamu dan GCUP dengan air bersih sebelum kamu memakainya. 

FOLD/ Ada beberapa metode untuk melipat GCUP sebelum memakainya, Kamu bisa coba satu per satu sehingga bisa menemukan metode ternyaman untuk tubuh kamu.

Ada 2 metode yang paling populer dipakai yaitu: Punch Down Fold dan C-FOLD

Ketika kamu memasukan GCUP, kamu perlu mempertahankan GCUP tetap terlipat hingga di dalam vagina.

RELAX/ Penting untuk membuat badan kamu rilex saat memasukan GCUP, sehingga kamu perlu menemukan posisi tubuh yang paling nyaman buat kamu.

Kamu bisa memposisikan tubuh kamu dengan berjongkok, menaikan 1 kaki, sambil duduk di WC, atau cukup berdiri saja.

Coba semua posisi sehingga ketemu posisi yang paling pas untuk kamu

Jika saat memasukan GCUP kamu terasa seret, kamu bisa menggunakan air atau lubricant untuk membantu memasukannya.

 

MASUKAN/ Masukan GCUP yang masih terlipat ke vagina, ketika seluruh GCUP sudah masuk, lepas jari kamu dan pastikan GCUP terbuka dengan sempurna di dalam.

Jika kamu masih ragu GCUP belum terbuka dengan sempurna, putar dengan lembut pangkal GCUP (bukan tangkai yang panjang) untuk membuka dengan sempurna.

 

STEP 3

GCUP DAPAT DIPAKAI HINGGA 12 Jam

Salah satu benefit dari GCUP adalah kamu bisa memakainya hingga 12 jam,

sehingga kamu bisa memakai GCUP dari pagi dan melepasnya saat malam hari.

Tetapi, semuanya tergantung dari derasnya darah kamu saat menstruasi, mungkin kamu perlu mengosongkan GCUP 1-2x dalam sehari. Tapi hal ini berbeda untuk masing-masing orang ya.

Saran kami, saat pertama kali pakai GCUP, kamu perlu mengecek beberapa kali GCUP kamu, sehingga kamu tau tentang derasnya darah dan GCUP kamu.

 

STEP 4

MELEPASKAN GCUP

CUCI/ Selalu mulai dengan mencuci tangan kamu ketika ingin memasang dan melepas GCUP dengan air bersih

 

RELAX/ Posisikan tubuh kamu dengan relax sebelum melepas GCUP. Penting untuk tubuh kamu perlu relax karena akan lebih sulit untuk melepas GCUP ketika otot kamu tegang.

 

LEPAS/ Tarik tangkai secara perlahan sambil menekan otot abdominal (mengejan/ngeden) untuk mendorong GCUP ke bawah sampai kamu bisa memegang pangkal GCUP.

Pencet dengan lembut pangkal GCUP untuk melepaskan proses vakum pada GCUP, lalu tarik hingga keluar.

Jangan melepaskan GCUP dengan menarik Tangkai GCUP, karena akan terasa ngilu dan tidak nyaman

 

CUCI/ Ketika kamu sudah melepaskan GCUP, kosongkan GCUP dari darah yang sudah tertampung ke tempat pembuangan. Cuci GCUP dengan air bersih dan pakai lagi.

Kalau kamu sedang berada di dalam kamar mandi yang tidak memiliki akses air bersih, kamu bisa membersihkan GCUP dengan tissue saja.

Namun, ketika sudah ada air bersih bisa langsung dicuci dengan air bersih ya.

 

SIMPAN/ Jika GCUP sudah bersih kamu bisa pakai lagi ke vagina.

Atau, jika masa menstruasi kamu sudah selesai; Rebus kembali GCUP di air mendidih selama 3-5 menit sehingga steril kembali. Simpan GCUP di tempat penyimpanan yang bersih.

Ikuti Instagram Kami